5 Pemain yang Pensiun Usai Euro 2020 : Panggung Terakhir

Euro 2020 sudah sangat dekat dan semua 24 tim yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini sudah bersiap untuk berlaga. Negara – negara yang ikut sudah mengumumkan 26 pemain skuad mereka yang terdiri dari  kombinasi para talenta muda sekaligus para veteran.

Namun sisi lain, Piala Eropa umumnya menjadi salah satu ajang bagi generasi muda di Eropa untuk dapat menunjukkan nilai mereka serta menjadi pusat perhatian. Terlebih lagi ini juga adalah sebuah panggung untuk mengangkat nama baik serta mengharumkan negara yang mereka wakili.

Namun begitu di kompetisi Euro 2020 juga akan menjadi penampilan beberapa veteran berpengalaman yang mewakili negara masing – masing. Para veteran ini sudah membuat kagum para fans dengan umur panjang mereka namun masih memainkan peran penting dalam tim mereka.

Beberapa di antaranya malah sudah ikut serta sejak Euro 2004, pada16 tahun lalu! Misalnya saja Cristiano Ronaldo. Ia menjadi salah satu dari sekian pemain veteran tersebut. Dan mungkin saja akan pensiun sebagai pemain bola atau minimal dari tim nasionalnya paska Piala Eropa 2020tahun ini.

Mereka sudah menjadi veteran, namun nilai serta dedikasi mereka bagi tim sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dan berikut ini admin rangkum lima pemain veteran teratas yang akan pensiun usai tampil di ajang Euro 2020.

5 Pemain yang Pensiun Usai Euro 2020

Yuri Zhirkov (Rusia)

Yuri Zhirkov

Negara Rusia bisa jadi merupakan salah satu tim underdog dalam turnamen Eropa tahun ini. Mereka berharap untuk bisa mengulang performa Piala Dunia 2018 silam. Yuri Zhirkov adalah salah satu pemain veteran mereka yang paling berpengalaman dan sangat diandalkan oleh Rusia.

Ex pemain The Blues yang menginjak umur 37 tahun ini memainkan peran penting di dalam tim. Saat ini Zhirkov bermain untuk Zenit St. Petersburg. Zhirkov merupakan ancaman yang selalu mengintai di sayap kiri. Dia berharap untuk dapat mengakhiri karier laga internasionalnya dengan performa yang baik.

Goran Pandev (Makedonia Utara)

Goran Pandev

Pandev akan menjadi penyerang tertua yang akan mengikuti turnamentahun ini. Goran Pandev ialah kapten dari skuad Makedonia Utara. Di usianya yang sudah menginjak 37 tahun, ia masih sangat diperlukan untuk skuad dan akan berperan sebagai pemain sentral dalam keikutsertaan Makedonia Utara di kompetisi Euro 2020.

Ex pemain tim raksasa Inter Milan adalah pemain yang lebih tua dari Zhirkov. Itu karena pemain Rusia itu lahir pada bulan Agustus, sedangkan Pandev lahir pada 2 bulan sebelumnya, yaitu Juli. Kemudian, Pandev juga telah mengumumkan akan segera pensiun dari dunia sepakbola setelah ajang Piala Eropa ini.

Craig Gordon (Skotlandia)

Craig Gordon

Craig Gordon merupakan seorang penjaga gawang yang akan memperkuat skuad Skotlandia pada Euro 2020. Tim ini berhasil masuk ke dalam turnamen internasional terbesar pertama sejak tahun 1998. Tim ini melakukannya dengan luar biasa, yaitu dengan cara memenangkan laga playoff melawan tim Serbia melalui adu penalti.

Gordon sebelumnya telah bermain untuk tim seperti Celtic, Sunderland dan sekarang ini bermain untuk Hearts. Gordon telah mencatat13 clean-sheet dalam 26 laga di liga musim lalu. Kiper berusia 38 tahun berencana untuk pensiun setelah ajang kejuaraan Eropa 2020 tahun ini.

Maarten Stekelenburg (Belanda)

Maarten Stekelenburg

Satu lagi penjaga gawang yang dikabarkan akan pensiun usai laga ini. Maarten Stekelenburg masuk ke daftar pemain tim nasional Belanda. Penjaga gawang berumur 38 tahun ini sekarang sedang bermain di liga Eredivisie Belanda bersama Ajax. Veteran kelahiran September 1982 ini merupakan pemain tertua kedua yang akan berlaga di turnamen Euro 2020.

Akan menarik untuk menyaksikan apakah Stekelenburg akan dimasukkan ke dalam formasi uatama. Veteran ex pemain Everton ini megantongi lebih dari 58 caps bersama Belanda dan berharap untuk bisa mengakhiri kariernya dengan mengangkat gelar.

Pepe (Portugal)

Pepe

Lahir tanggalFebruari 1983 silam, Pepe merupakan pemain tertua pada ajang Piala Eropa 2020 tahun ini. Portugal sangat menaruh kepercayaan lini belakang pada veteran yang telah berusia 38 tahun ini.

Pepe telah menjelma menjadi roda penggerak yang penting dalam tim nasional sejak tahun 2008. Dia juga pemain kunci yang berperan penting pada kemenangan Portugal dalam EURO 2016 lalu serta UEFA Nations League tahun 2019. Pepe telah memiliki 114 caps untuk Seleccao dan masih ingin menambahkan caps lagi untuk namanya.

Pepe memiliki musim yang sangat berkesan bersama FC Porto saat ini, kala mereka menumbangkan Juventus FC pada Liga Champions. Sang negara juara bertahan Eropa ini akan mengandalkan pengalaman serta skill Pepe untuk dapat menahan gempuran, khususnya pada fase grup F nanti.

Itulah tadi rangkuman 5 pemain yang akan pensiun setelah ajang EURO 2020 tahun ini. Akankah panggung terakhir mereka ini akan jadi penampilan yang gemilang bagi mereka? Mari kita tunggu saja tanggal mainnya.

Memang disayangkan, namun daripada bersedih, ada baiknya kita tetap mendukung mereka. Apalagi, selanjutnya akan ada talenta – talenta muda lagi untuk melanjutkan tugas dari “Sang Legenda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *